10 Merek atau Brand Smartphone Terbaik dan Paling Laris Tahun 2016
Tahun kelahiran 2010 memang mengkategorikan Xiaomi sebagai perusahaan baru. Namun jika melihat produk dan antusiasme pelanggannya, mereka terbilang sangat melesat. Segmen smartphone yang mereka serang rupanya cukup berhasil mengenai sasaran.
Hadirnya suntikan dana yang besar semakin mendukung kemajuan perusahaan. Hasilnya, produk mereka pun memiliki kualitas yang bisa diadu. Namun uniknya, mereka memangkas biaya perusahaan dengan sistem penjualan online-nya. Untuk produk andalannya sendiri ada yang seri Mi dan RedMi.
Membangun branding menjadi perkara yang penting. Xiaomi sendiri menerapkan cara yang cukup efektif dan unik, sehingga pelanggan begitu tertarik. Penjualan mereka pun begitu tinggi, sampai mencapai 65 juta unit.
4. Lenovo Motorola
Dulu kita masih mengenal brand Motorola yang mandiri. Namun di tahun 2011, merek tersebut sudah jadi bagian dari Lenovo. Sebab, Lenovo memang mengakuisisinya dari Motorola Inc. Duet tersebut ternyata cukup “maut”.
Perusahaan yang berpusat di Illinois – Amerika Serikat ini perlahan namun pasti bisa merambah pasar global. Mereka memperkaya produk yang berkualitas pada segmen smartphone, jam pintar, tablet, dsb. Fakta bahwa perusahaan memiliki sandaran dana yang besar juga mendukung upaya pengembangan produk yang dihasilkan. Beberapa penawaran terbaik mereka meliputi Moto G, Moto X, Moto E, Moto Maxx, dan Moto Razr.
Tak bisa kita lupakan, perusahaan ini yang menjadi pencetus dari hadirnya jam pintar semacam Moto 360. Produk yang sudah berperan besar dalam meningkatkan laba perusahaan ini juga sudah banyak dikembangkan produsen lain. Sementara pada segmen smartphone, mereka sudah mengeluarkan sebanyak 72 juta unit.
3. Huawei
Huawei adalah perusahaan asal Tiongkok yang sudah berdiri sejak tahun 1987. Untuk itu, perusahaan ini termasuk senior di industri telepon dan peralatan telekomunikasi. Mereka sudah memiliki tempat istimewa di segmen-segmen penting seperti smarphone, komputer, tablet, jaringan broadband, dsb.
Seperti halnya Xiaomi, Huawei pun menyedot sumber dana yang besar. Modal penting itu tentu menjadi pendorong yang sangat kuat, sehingga mereka semakin kokoh berada di deretan atas. Lebih lagi mereka menerapkan investasi dan kerja sama yang sangat strategis. Mereka merangkul brand lain seperti Vodafone, TalkTalk, Motorola, Orange, BT, dsb. Untuk produk andalannya sendiri ada seri Honor, Y, Enjoy, Mate, MediaPad, Ascent, dsb.
2. Apple
Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne mendirikan perusahaan pada tahun 1976. Apple Inc. tampil sebagai brand yang terkemuka. Apalagi ketika mereka mencetak hits berupa Mac dan iPhones. Karena itu, bukan kejutan besar jika sekarang Apple ada di top 3.
Steve Jobs mengenalkan iPhone pada tahun 2007. Dunia begitu terkesima. Dan sejak saat itu, mereka menjadi ikon dan pelopor dari kehadiran smartphone. Dari tahun ke tahun, produk mereka bahkan selalu ditunggu-tunggu dan membuat membuat pelanggan harap-harap cemas jelang tanggal rilisnya. Beberapa produk yang membius konsumen meliputi iPhone 6, 6S, 6S Plus, dan yang SE.
Brand dan produknya sendiri begitu eksklusif, membuat siapapun pemiliknya merasa bangga dan bahagia. Ada kepuasaan tersendiri ketika gadget yang kita pakai bergambar logo apel yang seperti digigit sebelah. Jadi meski banderolnya cukup istimewa, penjualannya tak kalah istimewa juga. Apple berhasil menjual sampai 225 juta unit.
1. Samsung
Ini dia juara yang mengungguli angka penjualan smartphone terbaru. Tak bisa disanggah lagi, perusahaan asal Korea Selatan ini memang jadi raksasa di segmen andalannya. Ketika mereka hadir di tahun 1969, berbagai upaya terus gencar dan konsisten dilakukan demi kemajuan produknya.
Dulu bahkan sudah ada brand yang sangat kuat dan berpengaruh, yakni Nokia. Namun Samsung berperan juga dalam menggulingkannya, sehingga mereka bisa merebut tahta pasar. Apalagi ketika publik dikenalkan pada sistem operasi Android. Angka penjualan produknya pun semakin hari semakin menanjak saja. Beberapa produknya yang popular yaitu serinya Samsung Galaxy S, Galaxy J, Galaxy A, Galaxy Note, dan Galaxy Grand.
Menilik pesat perkembangan perusahaan, kita pun bisa menebak dengan mudah kalau Samsung memiliki akar dana yang sangat kuat. Dalam periklanan saja, mereka sampai menggelontorkan budget sebesar 14 milyar dollar. Mereka juga tak tanggung-tanggung menjadi sponsor di berbagai klub atau acara akbar seperti sepakbola, olimpiade, bola basket, dsb. Keseluruhan penjualannya menyentuh angka 320 juta unit.
Tingginya angka penjualan unit demi unit produk tentu sebanding dengan naiknya permintaan masyarakat. Namun kita sama-sama berharap agar perusahaan yang sudah dipercaya terus menyajikan produk terbaiknya. Kita pun musti saling mengingatkan untuk tetap bijak menggunakan segala gadget yang ada. 10 Merek atau Brand Smartphone Terbaik dan Paling Laris Tahun 2016 (DBS) #RD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar